6 TAHAPAN AWAL DALAM MEMBANGUN “SISTEM INFORMASI”

Posted on
contoh gambar
  1. Langka Pertama
Menentukan tema untuk menentukan alur dari apa yang ingin kita buat.
  1. 2. Langka Kedua
menentukan judul untuk menentukan alur yang lebih ditel ke suatu tujuan.
  1. 3.Memili Model Proses
Menentukan model proses yang akan di gunakan penentuan model proses harus sesuai dengan kebutuan dan tujuan pembuatan aplikasi agar memudakan kita dalam membuat sebuah projek. lihat contoh gambar diatas.
  1. 4.Membuat Tahapan-Tahapan yang Akan Dilakukan Sesuai Model Proses:
  • System / Information Engineering and Modeling
Permodelan ini diawali dengan mencari kebutuhan dari keseluruhan sistem yang akan diaplikasikan ke dalam bentuk software. Hal ini sangat penting, mengingat software harus dapat berinteraksi dengan elemen-elemen yang lain seperti hardware, database, dsb. Tahap ini sering disebut dengan project definition.
  • Software Requirements Analysis
Proses pencarian kebutuhan diintensifkan dan difokuskan pada software. Untuk mengetahui sifat dari program yang akan dibuat, maka para software engineer harus mengerti tentang domain informasi dari software, misalnya fungsi yang dibutuhkan, user interface, dsb. Dari 2 aktivitas tersebut (pencarian kebutuhan sistem dan software) harus didokumentasikan dan ditunjukkan kepada pelanggan.
  • Design
Proses ini digunakan untuk mengubah kebutuhan-kebutuhan diatas menjadi representasi ke dalam bentuk “blueprint” (Blueprint adalah kerangka kerja terperinci arsitektur sebagai landasan dalam pembuatan kebijakan yang meliputi penetapan tujuan dan sasaran, penyusunan strategi, pelaksanaan program dan fokus kegiatan serta langkah-langkah atau implementasi yang harus dilaksanakan oleh setiap unit di lingkungan kerja.) software sebelum coding dimulai. Desain harus dapat mengimplementasikan kebutuhan yang telah disebutkan pada tahap sebelumnya. Seperti 2 aktivitas sebelumnya, maka proses ini juga harus didokumentasikan sebagai konfigurasi dari software.
  • Coding
Untuk dapat dimengerti oleh mesin, dalam hal ini adalah komputer, maka desain tadi harus diubah bentuknya menjadi bentuk yang dapat dimengerti oleh mesin, yaitu ke dalam bahasa pemrograman melalui proses coding. Tahap ini merupakan implementasi dari tahap design yang secara teknis nantinya dikerjakan oleh programmer.
  • Testing / Verification.
Sesuatu yang dibuat haruslah diujicobakan. Demikian juga dengan software. Semua fungsi-fungsi software harus diujicobakan, agar software bebas dari error, dan hasilnya harus benar-benar sesuai dengan kebutuhan yang sudah didefinisikan sebelumnya.
  • Maintenance
Pemeliharaan suatu software diperlukan, termasuk di dalamnya adalah pengembangan, karena software yang dibuat tidak selamanya hanya seperti itu. Ketika dijalankan mungkin saja masih ada errors kecil yang tidak ditemukan sebelumnya, atau ada penambahan fitur-fitur yang belum ada pada software tersebut. Pengembangan diperlukan ketika adanya perubahan dari eksternal perusahaan seperti ketika ada pergantian sistem operasi, atau perangkat lainnya.
  1. 5.Jelaskan Secara Singkat apa yang Akan Dibuat di Setiap Fase Model Proses !
Dalam tahapan ini saya akan menjelaskan menurut tugas ansi sya…;/
Dalam tahapan ini kami melakukan survey ke rumah sakit dengan melihat kebutuhan dan kelengkapan dari hardware ( perangkat PC ) dan koneksin internet yang ada pada rumah sakit tersebut. Kenapa harus menggunakan koneksi internet ? karena kami menggunakan database berbasis online supaya bisa menghemat dana daripada rumah sakit tersebut, dan juga ini upaya manajemen supaya kami bisa selalu memantau dan maintenance.
  • Software Requirements Analysis
Dalam tahapan ini kami mengumpulkan informasi yang user butuhkan dalm software yang user mau. Dalam hal ini kami mengumpulkan informasi tentang interface. Ini sangat penting agar interaksi antar user dan software yang kami buat bisa berjalan dengan baik sesuai dengan keinginan user.
  • Design
Dalam tahapan ini kami mendokumentasikan tahapan sebelumnya untuk dijadikan data mentah dalam bentuk blueprint untuk selanjutnya kami jadikan desain supaya aplikasi yang nantinya dibuat sesuai dengan desain awal yang telah disetujui user dan kami.
  • Coding
Dalam tahapan ini kami mengimplementasi desain yang telah kami buat dalam bentuk mentah ( blueprint ) ke dalam bentuk bahasa C# yang dimengerti computer.
  • Testing / Verification.
Dalam tahapan ini kami melakukan test aplikasi yang kami buat di perangkat computer rumah sakit. Termasuk test terhdap button apakah sudah berjalan dengan semestinya, dan juga kami melakukan test penyimpanan apakah koneksi sudah memadahi untuk akses ke data base server kami secara online.
Tahapan ini dilakukan supaya aplikasi yang kami buat bisa berjalan sesuai dangan kemauan pelanggan dan bisa  berjalan sebagaimana mestinya.
  • Maintenance
Dalam tahapan ini kami melakukan pemantouan dan pengecekan secara berkala terkait aplikasi yang kami buat. Apa bila terjadi kesalahan kami akan mengatasinya secara online ( fix bug melalui update internet ). Apa bila kerusakan tidak memungkinkan di atasi secara online maka kami akan mendatangi rumasakit tersebut. Ketika ada fitur baru kami akan menghubungi pihak rumah sakit terkait ketersediaan untuk melakukan update.
  1. 6.Dalam Tahap ini Kita Akan Membuat Analisis Kelayakan.
Saya Masi Menggunakan Tugas ANSI Saya Sebagai Contoh…:/
  • KELAYAKAN TEKNIS
Dalam tahapan ini kami  telah melakukan survey dan mendapatkan bahwa aplikasi yang kami buat belum terdapat pada rumasakit yang kami ajak bekerja sama karena rumasakit ini masi menggunakan cara manual, kami juga akan memberi pelatian kepada kariawan jika aplikasi yang kami buat telah jadi agar kariawan bisa menggunakan aplikasi tersebut. Dari survey kami bisa menyimpulkan bahwa aplikasi suda layak teknis
  • KELAYAKAN OPERASIONAL
Dalam tahapan ini kami telah  melakukan  Testing Verification Pada aplikasi yang kami buat agar kami bisa mengetahui apa saja yang masi kurang dari aplikasi yang kami buat agar sesuai dengan kemauan user. Dari survey kami bisa menyimpulkan bahwa aplikasi suda layak oprasional.
  • KELAYAKAN HUKUM
Aplikasi ini kami buat tampa melanggar hakcipta, karena kami membuat aplikasi ini dengan perancagan dan kemauan dari pelanggan kami. Dari tahapan ini kami bisa menyimpulkan bahwa aplikasi suda layak hukum.
  • KELAYAKAN EKONOMI
Aplikasi yang kami buat suda layak ekonomi karena aplikasi ini kami buat sendiri tanpa menyewa progremer atau desainer. Aplikasi ini murni kami buat sendri dan suda mempertimbangkan aspek ekonomi dengan meminimalisir pengeluaran dan mendapatkan laba sebesar-besarnya melalui verifikasi dan update serta mentenance secara berkala.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *